Sabtu, 19 Desember 2015

Indeks Glikemik Makanan


(sumber gambar google)

Pasien diabetes melitus harus selalu menjaga pola makan termasuk jenis makanan dan nutrisi yang dikandungnya. Glukosa menjadi salah satu nutrisi yang perlu dikontrol dalam asupan makanan pasien diabetes. Berbicara mengenai glukosa, makanan-makanan berkarbohidrat memiliki jumlah kandungan glukosa yang berbeda-beda. Efek makanan berkarbohidrat tersebut terhadap peningkatan kadar glukosa darah pun berbeda-beda. Salah satu cara untuk mengelompokkannya adalah dengan menggunakan indeks glikemik. 

Apa itu indeks glikemik ?

Indeks glikemik dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui seberapa besar makanan yang berkarbohidrat tersebut mempengaruhi atau meningkatkan glukosa darah. Ada tiga pengelompokan indeks glikemik yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Indeks glikemik rendah nilainya <=55, indeks glikemik sedang berkisar 56-69, dan indeks glikemik tinggi lebih dari 70. Makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi akan mampu meningkatkan glukosa darah lebih tinggi dibandingkan makanan dengan indeks glikemik rendah dan sedang, Nah makanan apa saja ya yang termasuk indeks glikemik rendah, sedang atau tinggi ?

1. Indeks glikemik rendah
    Contohnya adalah kentang, jagung, oatmeal, roti gandum, sebagian besar sayuran dan buah-buahan yang tidak mengandung karbohidrat seperti apel, wortel, buncis.

2. Indeks glikemik sedang
    Contoh makanan dengan indeks glikemik sedang yaitu nasi, beras merah, gandum utuh

3. Indeks glikemik tinggi
    Contohnya yaitu oatmeal instan, pasta, makaroni, beberapa buah seperti labu kuning, melon, dan nanas.

Selain jenis makanan, beberapa faktor lain juga dapat mempengaruhi nilai indeks glikemik makanan seperti cara pengolahan dan tingkat kematangan (pada buah-buahan). Konsumsi buah segar akan lebih baik dibandingkan jus buah atau buah kalengan karena adanya tambahan pemanis /sukrosa di dalamnya. Selain itu buah yang usianya lebih matang akan memiliki indeks glikemik yang relatif lebih tinggi. 

Tapi sebenarnya untuk menjaga dan mengontrol asupan glukosa tidak hanya untuk penderita diabetes lho :). Mungkin mimin akan share informasi lain terkait dengan ini di lain waktu ..sampai jumpa :D


Sumber referensi :

American Diabetes Assosiation
http://www.diabetes.org/food-and-fitness/food/what-can-i-eat/understanding-carbohydrates/glycemic-index-and-diabetes.html?referrer=https://www.google.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar