Sabtu, 25 April 2020

Apa Itu Creative Writing dan Bagaimana Cara Memulainya ?

Hai teman - teman !

Kali ini aku ingin bercerita sedikit mengenai pengalaman mengikuti salah satu kelas pengembangan diri secara online. Yup. Baru-baru ini, aku mencoba ikut kelas menulis creative writing di aplikasi skill academy ruang guru. Materinya menarik lho ! Penasaran kan ? Apa sih creative writing itu dan bagaimana cara membuat sebuah tulisan creative writing ?

Creative writing adalah tulisan yang dapat menimbulkan imajinasi, inspirasi, serta daya kritis bagi pembacanya. Apa yang dimaksud imajinasi di sini ? Imajinasi berguna untuk merangsang, membuai, menghanyutkan, bahkan mencampuradukkan emosi dari pembaca.

Bentuk creative writing sendiri ada banyak ya. Dari beberapa jenis tulisan juga memilliki perbedaan dalam tujuan dan cara penyampaiannya. Secara garis besar, tulisan dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu :
1. Non fiksi : contohnya adalah biografi, otobiografi, esai, artikel, laporan perjalanan.
2. Fiksi  : contohnya yaitu novel, drama, cerpen, dongeng, puisi, naskah iklan, skenario, dan masih banyak lainnya.

Lalu bagaimana untuk memulai membuat sebuah creative writing ? Ini dia 3 langkah awal yang perlu dicatat :
1. Ketahui genre dan sub genre tulisan
Genre dan sub genre di sini maksudnya adalah jenis tulisan yang akan dipilih. Misalnya untuk jenis tulisan fiksi ada beberapa macam seperti puisi, novel, dan sebagainya.
2. Pilih genre atau sub genre tulisan
Ada salah satu tips dari kak meta. Jadilah spesialis di salah satu jenis tulisan. Coba kita lihat, seorang penulis pasti hanya akan fokus di salah satu jenis karya saja. Misalnya JK Rowling, Tere Liye, Andrea Hirata pasti selalu membuat karya seperti novel.
3. Menulislah secara rutin
Membuat creative writing juga membutuhkan jam terbang yang tinggi ya. Jadi jangan bosan untuk menulis dan latihan.

Apa saja yang perlu dilakukan dan sebaiknya dihindari untuk membuat creative writing ?

Do's
1. Menulis secara rutin dan tertarget
Menulis pastinya membutuhkan waktu tersendiri ya, mulai dari mencari ide, proses menulis, editing, dan publikasi. Berlatih menulis secara rutin akan membantu kita untuk membuat tulisan yang semakin baik. Meskipun mungkin tidak bisa kita menulis setiap hari, yuk coba buat target untuk latihan, misalnya 1 minggu 1 tulisan atau 2 minggu 1 tulisan. Target pastinya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya.
2. Menggunakan pembuka tulisan yang menarik
Pembukaan merupakan satu hal yang penting dalam tulisan. Pembukaan yang menarik juga akan semakin menarik orang lain untuk membaca dan mendalami sebuah karya atau tulisan lebih jauh lagi.
3. Mencari dan menemukan metode penulisan yang sesuai. Jika merasa bosan maka carilah metode baru untuk menulis. Metode menulis bisa juga disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing ya.

Don'ts
1. Tidak membaca tulisan lainnya
Membaca tulisan atau bacaan lain juga penting ya. Ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita.
2. Menjiplak tulisan orang lain
Jangan sampai deh kalo yang ini. Kalaupun ada referensi dari sumber lain yang perlu kita tambahkan, jangan lupa cantumkan sumbernya ya !
3. Menggunakan bahasa dan kata-kata yang sulit dipahami.
Ini penting sekali. Sebelum memilih bahasa dan kalimat yang akan digunakan, kita juga harus tahu siapa target pembaca supaya pesan dari tulisan dapat mudah diterima pembaca.
4. Meniru atau menyalin gaya kepenulisan orang lain.
Be yourself. Meskipun kita punya penulis yang kita idolakan, bolehlah dia menjadi sumber inspirasi menulis kita. Tapi tetaplah berkarya dengan gayamu sendiri ya ! Buatlah karya yang otentik dan orisinil !

Nah itu dia poin - poin penting yang aku dapat dari kelas menulis by skill academy. Terimakasih tim skill academy dan kakak pemateri. Buat teman-teman yang belum tahu apa itu skill academy, bisa banget loh dicoba untuk ikut salah satu kelasnya. Praktis dan pastinya bisa nambah ilmu lho. 😀

5 komentar:

  1. Nice inspo~
    Jadi tertarik buat ikut kelas di Skill Academy nih.
    Makasih infonya ya, Kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, aku udh coba 2 kali dan kebetulan dapet voucher diskon hehe. Lumayan buat kursus online

      Hapus
  2. Sama2, aku udh coba 2 kali dan kebetulan dapet voucher diskon hehe. Lumayan buat kursus online

    BalasHapus
  3. Aku belum lama ini denger istilah creative writing, kebetulan liat postingan mba ini jadi mampir deh😁 Kukira creative writing itu sesuatu yg berhubungan dengan perusahaan-perusahaan gitu buat kerja, ternyata isinya gak jauh dari apa yg udah kita tahu selama ini, dan penulisan fiksi pun bisa termasuk creaitve writing rupanya, hehe. Informatif banget, mba! Anyways salam kenal ya mba🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah sama2 mba..semangat terus untuk menulis. Salam kenal juga yaa 😀

      Hapus