Senin, 29 Juli 2013

Manfaat Wudhu

Assalamu’alaikum teman-teman.  Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu dari buku yang sudah saya baca. Buku ini berjudul Rahasia Wudhu (Eep Khunaefi al Ghony)

Berdasarkan buku yang saya baca , wudhu memiliki banyak manfaat. Wudhu memiliki manfaat psikis dan medis. Manfaat wudhu secara psikis antara lain yaitu :
1.       Penggugur dosa
Dalam suatu hadits disebutkan bahwa tetesan air wudhu yang terakhir dapat menghapus dosa, oleh karena itu dianjurkan ketika berwudhu jangan dilap namun biarkan air wudhu itu kering dengan sendirinya.
2.       Muka akan bercahaya di dunia dan di akhirat
3.       Tidurnya orang berwudhu didoakan malaikat, dan jika meninggal maka ia mati syahid. Pernyataan ini ada dalam sebuah hadits
4.       Dosa terampuni dan masuk surga
Dalam sebuah hadits : Utsman bin Affan ra, dia berwudhu lalu berkata : “Aku melihat Rasulullah berwudhu seperti wudhuku inilalu shalat dua rakaat tanpa berbicarasesuatu terhadap diri sendiri dalam dua rakaat itu maka akan diampuni dosanya yang telah lalu” (HR Muslim)
Shalat dua rakaat setelah melaksanakan wudhu juga disunahkan. Namun saya pernah baca ada beberapa waktu yang diharamkan untuk melakukan shalat.
5.       Membuat makanan menjadi berkah
Sesuai dalam sabda Rasulullah SAW : “Keberkahan makanan adalah dengan wudhu sebelum dan sesudahnya” (HR Abu Dawud)

Selain memiliki manfaat psikis, wudhu juga memiliki manfaat medis, antara lain :
1.       Mengobati jerawat
2.       Penangkal efektif ISPA, TBC, dan kanker
3.       Lenturkan syaraf dan otot
4.       Cegah Kanker Kulit , penjelasan lebih lanjut ada di buku yang berjudul Prayers A Sport for Thee Body and Soul
O iya buku ini juga membahas hal-hal yang berkaitan dengan fikih wudhu, mungkin lain kali saja ya ssya bahas nya hehe :)






0 komentar:

Posting Komentar