Selasa, 25 September 2012

REDUCE AND PREVENT HIV / AIDS

Hai aku mau bagi2 info lagi nih
Narasumber : Sandeep Nanwani, mahasiswa FKU Internasional UGM about HIV and AIDS
At Pelatihan Pendidik Sebaya UKESMA UGM , Minggu , 23 September 2012

APA ITU HIV ???? APA ITU AIDS ????
HIV / HUMAN IMMUNO VIRUS  yaitu virus yang menyerang system kekebalan tubuh manusia tepatnya menyerang sel CD4. Nah HIV ini yang akan menyebabkan penurunan system kekebalan tubuh manusia. Pasien yang terinfeksi HIV akan mudah terinfeksi berbagai macam bakteri / virus penyebab penyakit lain . Karena system imun tubuh menurun maka penyakit yang akan menyerang semakin banyak dan tidak kunjung sembuh sehingga akan masuk ke kondisi AIDS / Acquired Immuno Deficiency Syndrom.  Sebenarnya AIDS juga dapat disebabkan oleh penyakit lain seperti kanker dan hepatitis.  Pasien penderita HIV / AIDS biasanya disebut dengan ODHA atau ORANG DENGAN HIV / AIDS.  Sedangkan orang yang tinggal disekelilingnya disebut OHIDHA atau ORANG YANG HIDUP DENGAN ORANG YANG TERINFEKSI HIV / AIDS.
Virus HIV pertama kali ditemukan pada suatu spesies kera di Afrika. Kemudian menyebar ke benua – benua lainnya karena mobilitas manusia antar Negara semakin mudah. Namun saat ini pemerintah khususnya di bidang kesehatan semakin berusaha menekan jumlah penderita HIV / AIDs. Sehingga biasanya baru pada tahap HIV langsung diobati, belum sampai tahap AIDS. Orang yang terkena HIV juga tidak dapat dilihat secara langsung, harus melewati uji lab untuk mendeteksinya. Orang yang sangat kurus pun belum tentu dikategorikan terserang HIV walaupun memang biasanya penderita akan kehilangan berat badan berlebih akibat system imun menurun. Namun sekarang telah ada berbagai macam obat untuk menekan perkembangan virus HIV. Obat – obatan ini disebut antiretroviral.
Bagaimana cara penularan HIV / AIDS ?? HIV / AIDS dapat menular melalui empat jalur yaitu : hub sexual, drug user, transplasental, dan blood. Untuk transmisi lewat sexual ada 3 jenis yaitu anal sex, vaginal sex, dan oral sex.  Banyak orang yang menganggap jika oral sex tidak dapat menularkan HIV. Namun hal itu pernah diteliti bahwa pada air liur dan air ekringat ditemukan HIV namun jumlahnya sangat sedikit sekali sehingga tidak adequate untuk menularkan ke orang lain. Namun kita tetap harus waspada. Penularan lewat jarum suntik sering terjadi pada pengguna NAPZA injeksi yang menggunakan jarumnya secara bergantian dengan temannya.  Jika anda menemui pengguna napza suntik, maka asumsikan 50 % dia terinfeksi HIV, hal ini berdasarkan data – data penelitian. Sedangkan penularan transplasental biasanya terjadi pada ibu hamil yang menularkan HIV kepada bayi yang dikandungnya. Namun belum tentu jika ibu terkena HIV maka anak bisa terkena HIV.
          Untuk pencegahan penyebaran HIV pada pengguna NAPZA , ada program yang disebut Needle Exchange, yakni para pengguna NAPZA jika akan memasukkan NAPZA dapat menukarkan jarum suntik lama dengan yang baru. Berdasarkan data, hal ini dapat menurunkan kasus HIV. Namun di lain sisi justru memudahkan pengguna NAPZA untuk melakukan aksinya.
          HiV juga berhubungan dengan IMS (Infeksi Menular Seksual). Jika orang sudah terkena IMS maka terdapat luka2 pada organ reproduksinya dan memiliki resiko terkena HIV / AIDS. Sedangkan jika dia sudah terkena HIV lebih dahulu , lalu terkena IMS maka jumlah HIV dalam darahnya dapat meningkat, dapat semakin parah.
          Bagaimana Cara Pencegahan agar tidak tertular HIV / AIDS ?
A = ABSTINENCE
B = BEING SAFER
      by being faithful to one's partner or reducing the number of  sexual partners
C = Correct and consistent use of condoms
   INTINYA ITU =  tunda keinginan melakukan hubungan seksual sebelum waktunya, setia pada satu pasangan saja, dan gunakan kondom secara benar saat berhub sexual.

SO.......LET’S REDUCE HIV / AIDS________
AKUUUUUUU
KAMUUUUUU                                    BEBAS HIV / AIDS
KITAAAAAAAA

0 komentar:

Posting Komentar