Minggu, 09 Oktober 2016

SUPLEMEN CHONDROITIN, TERAPI OSTEOARTHRITIS (Part I)

Hasil gambar untuk osteoarthritis
https://www.equuscarenutrition.com


Apa itu chondroitin ?
Chondroitin merupakan senyawa yang dihasilkan oleh sel-sel kondriosit yang terdapat pada tulang rawan. Chondroitin banyak terdapat di sekitar persendian. Sebenarnya chondroitin dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun beberapa orang yang kekurangan chondroitin biasanya memerlukan tambahan asupan dari luar. Misalnya pada pasien penyakit sendi osteoarthritis. Chondroitin yang digunakan pada suplemen dapat bersumber dari hewan seperti tulang rawan sapi, trakea sapi, dan tulang rawan ikan hiu.

Chondroitin dan osteoartritis
Salah satu manfaat chondroitin adalah untuk terapi pada pasien osteoarthritis. Penyakit ini menyerang lapisan kartilago di sekitar persendian. Penipisan lapisan tulang rawan menyebabkan gesekan antar tulang di daerah persendian. Oleh sebab itu pasien osteoarthritis akan mengalami rasa sakit apabila bagian persendiaanya digerakkan. Rasa sakit ini akan membatasi ruang gerak di daerah persendian. Untuk mengatasinya, pasien dapat diberi obat golongan antinyeri dan antiinflamasi untuk mengurangi sakit dan pembengkakan. Namun antinyeri hanya dapat menghilangkan rasa sakit sementara.  Penggunaan chondroitin pada pasien osteoarthritis telah diteliti ternyata memiliki banyak manfaat. Namun tidak semua pasien osteoarthritis boleh mengkonsumsi suplemen ini. Pasien yang sedang mengkonsumsi obat antikoagulan seperti warfarin sebaiknya tidak mengkonsumsi suplemen chondriotin karena dapat meningkatkan resiko perdarahan.  Begitu pula dengan pasien asthma. Pasien asthma sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila akan mengkonsumsi suplemen ini. Berdasarkan penelitian, ada hubungan terkait antara konsumsi suplemen glukosamin dan chondroitin dengan frekuensi  kekambuhan asthma (Tallia dan Cardone, 2002).

Chondroitin dalam suplemen
Chondroitin aman dikonsumsi hingga dosis 1200 mg/ hari (Hathcock dan Shao, 2007). Chondroitin untuk terapi osteoarthritis  sudah disetujui FDA dan diedarkan secara legal di Amerika sejak tahun 1994 sebagai produk dietary supplements. Suplemen ini banyak dijual dalam bentuk kapsul atau tablet. Di Indonesia sendiri, produk suplemen yang mengandung chondroitin juga sudah banyak yang beredar. Chondroitin biasanya diformulasikan sebagai chondroitin sulfate bersama dengan zat lain seperti glucosamine untuk meredakan nyeri sendi pada pasien osteoarthritis.

Kemenkes RI , 2006, Pharmaceutical Care Untuk Pasien Penyakit Arthritis Rematik, DItjen Binfar Alkes, Jakarta.

Pathak, Yashwant, 2010, Handbook of Nutraceuticals, Volume I, CRC Press, US, hal 79

0 komentar:

Posting Komentar