Minggu, 09 Oktober 2016

Lengkapi Wisatamu di Semarang dengan 4 Spot Ini !


foto : dokumen pribadi


Kota Semarang termasuk salah satu kota yang memiliki daya tarik tersendiri  di Jawa Tengah. Selain sebagai pusat pemerintahan provinsi Jawa Tengah, kota ini juga menyajikan berbagai keindahan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.  Lawang sewu dan Tugu Muda  misalnya sudah menjadi kebanggan tersendiri bagi warga Semarang dan para wisatawan yang melancong ke Semarang. Berwisata tak lengkap rasanya kalau belum mencicipi kuliner, budaya, seni, dan keindahan kota. Tapi kamu pasti penasaran kan ? Apa saja keindahan lain dari kota Semarang yang tidak boleh kamu lewatkan ?

1.      Simpang Lima

sepeda hias di simpang lima (dok. pribadi)

    Simpang lima merupakan kawasan strategis di jantung ibu kota provinsi Jawa Tengah ini. Kawasan alun-alun dikelilingi oleh beberapa tempat penting diantaranya, masjid besar, pusat perbelanjaan, dan yang patut dicoba adalah pusat kuliner simpang lima. Pusat kuliner Simpang Lima menawarkan berbagai makanan dan jajanan khas Semarang diantaranya lumpia dan soto semarang. Berbicara mengenai soto semarang, Soto ini memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri. Kalau di daerah Banyumas terkenal dengan soto sokaraja yang kental dengan bumbu kacangnya, soto semarang tak lengkap rasanya kalau tidak disantap bersama perasan jeruk nipis, kripik tempe, nasi, dan sate usus atau sate ati ampela. Jangan ngiler ya teman-teman hehe.  Setelah kenyang menikmati kuliner simpang lima, berpindah sejenak ke kawasan alun-alun. Kawasan alun-alun juga menjadi tempat hiburan tersendiri. Kamu bisa menyewa sepeda lampu hias yang berwarna-warni serta duduk santai sambil menikmati kopi atau teh hangat. Tak jarang beberapa acara panggung hiburan pun diadakan untuk menghibur warga kota.

2.      Klenteng Sam Poo Kong

salah satu gerbang Klenteng Sam Poo Kong (dok. pribadi)


    Tempat wisata ini mungkin sudah tak asing lagi bagi kamu. Corak dan kebudayaan Tionghoa sangat kental dan dapat kamu rasakan di sini. Keberadaan klenteng ini tak lepas dari peran Laksamana Zheng He. Konon beliau sudah banyak melakukan pelayaran dari Tiongkok ke beberapa negara, salah satunya Indonesia tepatnya di Jawa. Tak heran, di kawasan ini juga diabadikan sebuah patung besar yang menggambarkan sosok beliau untuk mengenang jasanya. Tempat wisata ini cukup mudah dijangkau karena letaknya dekat dengan pusat kota. Tiket masuk ke kawasan wisata ini juga terbilang sangat murah meriah. Dalam kawasan ini terdapat beberapa spot bangunan. Kamu bisa berfoto dan menikmati keindahan bangunan merah nan eksotis ini. Selain itu ada pula bangunan klenteng yang dikhususkan untuk ibadah. Untuk lebih merasakan suasana seperti berada di negeri Cina, pihak pengelola juga menyewakan kostum khas Tiongkok. Kamu bisa berpose layaknya tuan putri dan kaisar-kaisar Cina. Hasilnya pun worthy.

3.      Pasar Semawis
stand jajanan Semawis (dok. pribadi)


    Bergerak sedikit ke arah utara, ada sebuah pusat kuliner yang  patut untuk kamu coba. "Pasar Semawis" namanya. Pasar Semawis berada di kawasan Pecinan Semarang. Kota semarang memang cukup kental dengan budaya Tionghoa. Tak jauh dari lokasi pasar semawis juga terdapat sebuah klenteng  cukup besar.  Untuk mencicipi kuliner di Pasar Semawis, kamu bisa  datang setiap sabtu malam. Banyak sekali aneka jajanan, makanan, dan minuman yang dijual. Harga yang ditawarkan pun cukup ekonomis. Mulai dari Rp. 5000, 00 kamu sudah bisa mencicipi jajanan di Pasar Semawis. Tempat ini menjadi tempat favorit di kalangan muda-mudi, jomblowan dan jomblowati. Jadi jangan heran kalau tempat ini sangat penuh sesak oleh kalangan muda-mudi, apalagi mahasiswa.

4.      Semarang Contemporary Art Gallery

ruang pameran lukisan (dok. pribadi)

     Selain wisata kuliner, Semarang juga masih punya tempat wisata budaya dan kesenian. Kalau daerah pecinan kental dengan nuansa Tionghoa, kawasan kota lama sangat kental dengan bangunan tua dengan arsitektur Eropa. Semarang Contemporary Art Gallery salah satunya. Bangunan yang terletak di kawasan kota lama Semarang ini patut menjadi salah satu tujuan wisatamu. Di dalamnya banyak terdapat koleksi lukisan dan karya seni dari seniman-seniman di Indonesia. Seni memang diciptakan salah satunya adalah untuk menghibur manusia. Melalui karya seni, berbagai perasaan, sindiran, dan gambaran kehidupan juga bisa disampaikan. Untuk kamu yang hobi koleksi foto dan posting foto instagrammable tidak perlu khawatir. Ada banyak spot yang menarik di sekitar gallery ini yang tidak boleh dilewatkan lho.

Yuk, ramai-ramai berwisata ke Semarang. Dapatkan cita rasa Jawa Tengahnya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah (www.twitter.com/visitjawatengah)

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di 🐣PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL🐣

    BalasHapus