Jumat, 10 Oktober 2014

Bagaimana mengurus kartu mahasiswa UGM yang hilang ?

Baiklah kali ini saya akan cerita langsung, berhubung yang menulis juga pernah mengalaminya langsung. Soo...Ini dia apa yang  harus kamu lakukan kalau kartu mahasiswa ugm mu hilang ?

1. Cek terlebih dahulu apakah kartumu benar-benar hilang atau lupa meletakkan di suatu tempat ?
2. Jika sudah dipastikan kartumu hilang, segera lapor ke kantor polisi untuk minta dibuatkan surat kehilangan. Oiya pembuatan surat ini gratis dilakukan di kantor polsek terdekat tanpa dipungut biaya dan 30 menit langsung jadi.
3. Jika kartu ktm mu sekaligus digunakan sebagai kartu ATM , jangan lupa blokir dulu kartu atm nya
4. Lalu datang ke bank untuk dibuatkan kartu atm baru dan pin baru, sehari jadi kok :). dikenakan biaya pembuatan kartu baru
5. Untuk membuat ktm baru, datanglah ke kantor Direktorat akademik , tempat dimana kamu pertama kali registrasi masuk UGM, tepatnya di sebelah selatan University Club. Lalu datang ke petugas, dan kamu akan diminta membayar dahulu sebesar 20.000 rupiah ke rekening yang disebutkan.
6. Setelah transfer melalui bank (pembayaran tidak bisa dilakukan cash ), datang lagi ke kantor DAA untuk menyerahkan kuitansi disertai dengan surat bukti kehilangan dari kepolisian. Setelah order selesai, kamu akan diminta datang kembali ke kantor keesokan harinya.
7. Keesokan harinya, datanglah ke kantor DAA untuk mengambil kartu mahasiswa baru mu :), and now, you have a new student card :)


Kenapa kartu mahasiswa yang hilang harus segera diurus ?
1. Kartu mahasiswa adalah sebagai bukti dan identitas bahwa kita sedang berstatus sebagai mahasiswa
2. Kartu ini penting misalnya selama melakukan kegiatan / tugas fakultas atau universitas, pasti biasanya harus menunjukkan identitas bahwa kamu adalah mahasiswa univ tersebut. Contohnya ketika kamu mengikuti kompetisi nasional, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata, ataupun exchange ke luar negeri (amiin) :)
3. Dengan bisa kartu mahasiswa, cukup lumayan diskon yang bisa kamu dapatkan ketika berbelanja ataupun menghadiri suatu acara / seminar tertentu. Bahkan adapula konser musik yang memberi diskon khusus pembeli mahasiswa hhahaha :)
4. Buat koleksi kartu dan menuh-menuhin dompet. Kalau yang ini mah hahaha tau aja dompet mahasiswa kan keliatanyya tebel bingitss
5.. Buat kepuasan diri ?? maksudnya ? maap sudah malam *


Nah gampang kan ngurusnya ? Kalau kamu mengalami hal tersebut jangan panik dan santai saja, ambil saja sisi positif nya. :)

10 komentar:

  1. Mau nanya mbak, itu pas lapor k polisi, yg ditanya apa aja? Trus hrs bawa berkas2 gitu ga? Makasih ��

    BalasHapus
  2. berkas ga harus bawa apa2 kok, lebih diminta data diri, nama, alamat, ktp, kontak, terakhir hilang dimana ,, kalo pas saya diminta ngisi buku, terus dibuatkan surat keterangan dari polsek. Jangan lupa diblokir dulu kalo ktm nya juga aktif sebagai atm :)

    BalasHapus
  3. Itu kartunya satu hari jadi ya mba? Soalnya denger2 katanya seminggu baru selesai. Pas bgt ktm ku hilang pas uas

    BalasHapus
  4. Itu kartunya satu hari jadi ya mba? Soalnya denger2 katanya seminggu baru selesai. Pas bgt ktm ku hilang pas uas

    BalasHapus
  5. Ga satu hari dek dulu si seingetku 3 hari sampe semingguan,, nnti dikasih tau ibunya pas ngasih bukti bayar dr bank

    BalasHapus
  6. kantor DAAnya bukannya kapan aja ya mbak?

    BalasHapus
  7. Buka pas hari kerja aja

    BalasHapus
  8. berarti untuk masalah foto di ktm itu kita pakainya foto lama di arsip data ktm yang lama? gak perlu bawa apa apa selain surat bukti kehilangan sama kwitansi pembayaran aja kan?

    BalasHapus
  9. Sekarang SOP nya harus bikin surat keterangan dari fakultas dulu kah sebelum ke polis? Kemarin ditolak karna gabawa surat pengantar dari fakultas

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf untuk yang sekarang mungkin sudah beda lagi ya ? karena yang saya tulis dulu hanya berdasarkan pengalaman tahun 2014, sekarang sudah 2019 mba hehe ,, mohon maaf kalau ada yang beda /..

      Hapus