Senin, 05 September 2016

5 Kunci Gaya Hidup dan Nutrisi Pasien Kanker yang Perlu Diketahui

Hasil gambar untuk cancer nutrition

sumber gambar : emmaolliff.com

Kanker menjadi salah satu momok penyakit bagi masyarakat. Menurut data WHO, Indonesia termasuk salah satu negara dengan pasien kanker serviks terbanyak di dunia. Menyedihkan bukan ? Perkembangan sel-sel kanker dapat diperlambat dengan obat-obatan jenis sitotoksik yang membunuh sel kanker atau memperlambat penyebaran sel kanker. Selain pengobatan, hal yang harus diperhatikan bagi pasien kanker adalah memperbaiki life style dan mencoba menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. National Cancer Institute Amerika gencar melakukan promosi terkait diet nutrisi pasien kanker dengan harapan dapat memperlambat perkembangan penyakit kanker. Beberapa saran nutrisi yang sangat baik untuk pasien kanker diantaranya :
1.      Banyak makan sayur dan buah-buahan. Sumber makanan dari kedelai , sereal dan gandum juga sangat baik dikonsumsi beberapa kali sehari
2.      Batasi asupan makanan tinggi lemak, terutama lemak hewani. Jika mengkonsumsi produk susu sebaiknya pilihlah susu rendah lemak. Dalam pengolahan sayuran dan makanan lainnya alangkah lebih baik jika diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Minimalkan pengolahan makanan dengan cara digoreng.
3.      Batasi asupan daging , terutama jenis daging hewan yang banyak mengandung lemak. Konsumsi seafood dan daging ayam lebih disarankan dibandingkan konsumsi daging sapi, domba, dan daging lainnya yang sangat berlemak.
4.      Lakukan aktivitas fisik, seperti olahraga, jogging. Aktivitas ini paling tidak dilakukan selama 30 menit per hari nya , selama beberapa kali dalam seminggu.

5.      Hindari mengkonsumsi alkohol dan rokok. Penggunaan rokok sudah banyak diketahui dan diteliti sama sekali tidak memiliki manfaat. Justru zat  kimia dalam rokok yang dapat memicu beberapa jenis penyakit kanker.

Eits , tetapi gaya hidup sehat tidak hanya untuk pasien kanker loh, semua orang yang masih sehat pun sebaiknya menerapkan gaya hidup sehat tiap harinya:D

Reference :
Handbook of Food - Drug Interaction, CRC Press, 2013.



Lokasi: Bandung, Bandung City, West Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar