Minggu, 14 April 2019

Pilih Gluten atau “Gluten-free” ? Sehat nggak sih ?


 Image result for gluten
sumber gambar : https://www.healthline.com/nutrition/gluten-free-diet#what-is-gluten


Beberapa orang mungkin menghindari makanan yang mengandung gluten. Bahkan banyak juga makanan olahan yang mengklaim “gluten free” atau “low gluten”. Hmm sebenarnya aman gak sih gluten ? Atau gluten itu sebenarnya makanan apa ya ? :) Let's check thit out !

Gluten merupakan jenis protein yang ditemukan di kelompok tanaman tanaman berupa grains seperti gandum, rye dan barley. Sumber gluten yang banyak diperoleh adalah gluten dari gandum, karena memang tak bisa dihindari banyak sekali makanan olahan yang berbahan dasar atau mengandung gandum. Gluten terdiri dari 2 komponen utama yaitu glutenin dan gliadin. Ketika tepung gandum dicampur dengan air, protein gluten akan membentuk ikatan sehingga menghasilkan efek lengket seperti “glue”. Efek inilah yang bermanfaat karena adonan kue yang bersumber dari tepung gandum akan bersifat elastis dan mudah mengembang saat dipanggang. Alhasil akan didapatkan roti yang empuk dan enak.  

Nah jadi gluten bermanfaat ya ? Eits tapi tunggu dulu ya, kenapa masih ada orang yang menghindari gluten atau tidak bisa makan makanan yang mengandung gluten ?

Ternyata beberapa orang mengalami kondisi dimana tidak bisa mengkonsumsi bahan yang mengandung gluten. Jika mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten dapat timbul reaksi seperti alergi, diare, kemerahan pada kulit, dan efek samping lainnya. Kondisi ini bisa terjadi pada orang yang mengalami celiac disease, gluten sensitivity, irritable bowel syndrome, dan allergi terhadap gandum. Hmm jadi begitu ya.

Nah dari cerita sebelumnya, ada beberapa kondisi yang memang tidak memperbolehkan seseorang untuk mengkonsumsi gluten meskipun dalam jumlah sedikit. Ada peluang maka ada pasar. Industri makanan mulai mempertimbangkan produk untuk kebutuhan tertentu. Beberapa industri makanan olahan banyak yang mencantumkan keterangan “gluten” pada produk tersebut. Lalu bagaimana aturan sebenarnya ?

Di USA, FDA mengatur untuk pencantuman keterangan “gluten” pada produk. Produk yang mencantumkan keterangan “gluten free” harus mengandung kurang dari 20 ppm gluten. Lalu produk makanan apa saja di USA yang boleh mencantumkan keterangan gluten free ? Jawabannya adalah jika produk tersebut tidak mengandung :
1.  bahan dari gandum, rye, barley, atau hasil persilangannya
2. bahan yang berasal dari grains (poin no. 1) yang tidak diproses terlebih dahulu untuk menghilangkan gluten
3. bahan berasal dari grains yang telah diproses untuk dihilangkan glutennya, jika hasilnya mengandung lebih dari atau sama dengan 20 ppm gluten.

Hmm masih bingung ya ? Sebenarnya mau gluten atau gluten free adalah tergantung bagaimana kondisi kesehatan seseorang. Memang sih, gluten bermanfaat untuk proses pembuatan roti dan adonan roti yang empuk. Tapi ada juga loh, roti yang klaimnya tidak mengandung gluten. Pastinya teksturnya berbeda dengan roti pada umumnya. Tapi bagi beberapa orang yang mempunyai kondisi kesehatan tertentu, pemilihan makanan mengandung gluten atau tidak ternyata diperlukan banget loh.

Oke, sekian sharing kita kali ini, terima kasih sudah membaca :)

Referensi :  

2 komentar: