Selasa, 29 Maret 2016

Potret Keberadaan Umat Islam di Seluruh Dunia [Sebuah Resensi]

sumber gambar : wisataturki.blogspot.co.id

                Penyebaran Agama Islam tak lepas dari perjalanan dan sejarah bangsa – bangsa Timur Tengah.  Di beberapa negara, Islam menjadi agama mayoritas seperti di Indonesia, Arab Saudi, Mesir, dan beberapa negara Timur Tengah lainnya. Namun masih banyak juga negara dimana umat Islam menjadi minoritas di sana. Sebut saja di Eropa dan Amerika. Di negara-negara yang menganut sistem pemerintahan sekuler, agama tidak boleh diperlihatkan di ruang-ruang publik. Lantas bagaimana ya suasana dan kehidupan Umat Islam di berbagai dunia ? Ada sebuah buku menarik menceritakan tentang perkembangan umat Islam di beberapa negara serta tradisi-tradisi umat Islam yang mungkin sedikit berbeda dengan tradisi Umat Islam di negara lainnya.
                Dalam buku ini dikisahkan bagaimana Islam berkembang di beberapa negara. Hal yang menarik bagi saya adalah ternyata penyebarluasan Islam di beberapa negara tak lepas pula dari peran ulama-ulama yang ada di Indonesia. Di Afrika Selatan, misalnya, banyak ulama dari Ternate melakukan pelayaran dan menyebarkan agama ke Afrika Selatan. Kedatangan mereka ini juga membuat adanya akulturasi budaya Islam yang ada di Cape Town, sehingga ada beberapa istilah dan budaya Islam di Afrika Selatan yang mirip dengan budaya Islam di Indonesia. Kira-kira apa ya ?
                Berbeda lagi dengan China. Penyebaran Islam di China sangat erat kaitannya dengan peran pedagang dari Arab, Gujarat, dan India. Mereka melakukan transaksi perdagangan dan tak jarang beberapa dari orang Arab datang ke negeri China untuk menimba sebuah ilmu. Akan tetapi uniknya, corak keislaman yang sekarang ada di China tidak terlalu sama persis dengan corak kebudayaan Arab. Lihat saja, masjid –masjid di China pun memiliki bentuk bangunan yang khas seperti kuil –kuil di China dengan corak dan warna yang mirip. Hm bagaimana sejarahnya ya ?
                Lantas bagaimana dengan Eropa ? Amerika ?

 Kata sebuah pepatah –

Mungkin kita hanya sedikit menemukan orang Islam namun kita akan banyak menemukan Islam di sana”-


Referensi :

Kholik, Abdul, dkk., 2012, Warna-Warni Islam Potret Keberagaman Umat Islam di Seluruh Dunia, Qudsi Media, Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar