Selasa, 14 Januari 2020

A Book for Opening "2020" : Self Driving


Hasil gambar untuk self driving buku 
sumber gambar : gramedia.com


Halo teman-teman, welcome to my blog !
Sekarang saatnya berbagi info menarik seputar buku ya.

Buku berjudul "Self Driving" ini bukan bercerita tentang tutorial untuk menyetir lho ya :). Buku berjudul "Self Driving" karya Pak Rhenald Kasali ini sebenarnya bukan buku baru, cuma baru sempet selesai dibaca hehe. Buku ini bukan hanya bercerita teori manajemen dan perubahan, tetapi ada banyak contoh kisah-kisah yang bisa kita ambil hikmahnya dan relevan dengan apa yang mau disampaikan oleh Pak Rhenald. Pak Rhenald banyak menjelaskan apa itu driver, passenger, perubahan, mindset, dan banyak hal positif lainnya. Menurut saya, buku ini cocok untuk dibaca siapa saja mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, ASN, dan masyarakat umum. 

Pada salah satu bagiannya Pak Rhenald mengatakan "manusia berdisiplin yang menjadi driver adalah manusia dengan ketertarikan pada bidang tertentu". Ada beberapa cara untuk mencapai hal tersebut (nb : catatan ini saya ambil dari buku dan dibahasakan lagi dengan bahasa sendiri) :
1. Tetapkan sasaran
Tetapkan goal. Goal bisa dikaitkan dengan ketertarikan dan dikorelasikan dengan tujuan hidup. 
2. Pelajari aturan-aturannya
Masing-masing bidang pasti ada aturan mainnya tersendiri. Jika ingin menjadi seorang specialist pahami aturan main secara menyeluruh dan mendalam. Jika mengalami kegagalan, ambil sebagai sebuah pelajaran.
3. Buang perilaku buruk
Keep positive thinking !
4. Jadilah manusia bertanggungjawab
Jadilah orang yang bertanggungjawab atas segala yang diberikan dan diamanahkan kepada kita.
5. Manajemen "deadline"
Berlatih untuk menjadi disiplin dan selalu menghargai waktu.
6. Jadikan gaya hidup
Buat kebiasaan - kebiasaan baik. Jangan dibiasakan menunda-nunda pekerjaan, membuat alasan, dan bekerja tanpa prioritas !
7. Manajemen 3D : Do it, Delegate it, or Dump it ! 
Kuncinya adalah kerjakan, delegasikan kepada orang lain, atau tolak

Sebenarnya masih banyak poin penting yang disampaikan di buku ini. Kalau menurut saya, isi buku ini juga padat sekali sampai-sampai semua bagian rasanya ingin di-highlight. Buat yang belum pernah baca buku ini, sangat disarankan untuk membacanya sampai selesai ya. Buku bisa diperoleh di toko buku terdekat atau pinjam ke teman :). Selamat membaca. Be A Good Driver !

0 komentar:

Posting Komentar