Senin, 14 Januari 2019

Inspirasi dari The Kite Runner


sumber gambar : gramedia.com

Kabul, Jalalabad, Peshawar..

Pernah denger nama itu ?
Mungkin akan lebih sering dengar dan penasaran saat temen-temen baca novel yang satu ini. 
Berlatar belakang negeri Afghanistan, Pak Khaled banyak mengangkat kisah-kisah kemanusiaan, persaudaraan, kejujuran, kesetiaan, dan keyakinan dalam novel ini. Hmm kok bisa ya ? Meskipun novel biasanya cerita fiksi, tapi latar belakang cerita ini cukup mewakili gambaran negeri Afghanistan yang pernah diberitakan di media massa. Dan, ngga heran kalau ternyata novel ini sudah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. 

Kata penulis : "sesuatu yang terjadi dalam beberapa hari, kadang kadang bahkan dalam sehari, bisa mengubah keseluruhan jalan hidup seseorang"

Salah satu pelajaran yang bisa digarisbawahi dari novel ini adalah tentang dosa. Seperti banyak yang sudah dijelaskan di berbagai sumber bahwa semua perbuatan baik dan buruk akan kembali kepada yang melakukan. Begitu juga dengan dosa. Bisa jadi kita melakukan dosa kemarin atau hari ini, Allah masih sayang sama kita dan masih diberi kesempatan untuk memperbaiki diri. Tetapi kalau mungkin udah kelewatan, pasti akan ada teguran yang kita alami, entah itu dalam bentuk musibah, pengalaman yang kurang menyenangkan, ataupun hal lainnya. 

Tapi selalu yakin aja bahwa "selalu ada jalan menuju kebaikan" - kata penulis
Dan kalau kata Aa Gym, ingat selalu PDLT (Perbaiki Diri, Lakukan yang Terbaik).

Selamat membaca !



0 komentar:

Posting Komentar