Jumat, 06 Oktober 2017

Cobain Wedang Uwuh Ini, Sehat dengan Herbal , Citarasa Tradisional !

Sumber gambar : http://ronagaya.com/secang-rempah-pemerah-minuman/


Hallo teman-teman. Udah lama banget ya belum nulis lagi. Sekarang pengin ngobrol dikit nih tentang minuman yang satu ini. Pernah dengar atau pernah minum ? "Wedang uwuh" namanya ! Duh, kok kedengerannya aneh ya. Baiklah, ini dia penjelasannya.

Wedang uwuh menjadi salah satu minuman khas Jogjakarta, khususnya di daerah Imogiri. Mengapa disebut wedang uwuh ? Wedang artinya minuman , sedangkan uwuh artinya sampah. Lho kok bisa ? Soalnya bahan-bahan yang digunakan untuk membuat wedang uwuh berasal dari berbagai rempah - rempah dan dedaunan atau istilah jawanya bisa disebut empon-empon. Jadi, sekilas kamu akan melihat wedang uwuh seperti kumpulan sampah dedaunan dalam segelas air hehe. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah kayu secang, jahe, cengkeh, daun serai, daun salam, dan beberapa bahan tambahan lainnya. Uniknya, minuman ini memiliki warna merah yang sangat cantik. Warna merah ini berasal dari rebusan kayu secang. Kayu secang merupakan salah satu pewarna alami yang telah digunakan sejak lama lho !! Sebagai pemanis, bisa diberi gula batu atau gula jawa. Aroma wedang pun khas yaitu aroma jahe, serai, dan rempah-rempah lain bercampur menjadi satu.Wedang uwuh sangat cocok disajikan dalam keadaan panas atau hangat ya gaes.. :)

Manfaatnya sudah tidak diragukan lagi. Selain bisa menghangatkan badan, perpaduan bahan-bahan tersebut, terutama kayu secang kaya akan zat antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas. Setelah meminum wedang uwuh, pastinya kamu juga akan merasa lebih rileks lho !

Nah tapi kalau kamu ingin membuat wedang uwuh , sekarang tidak perlu repot-repot. Di pasar-pasar tradisional daerah Jogja, banyak penjual jamu yang sudah menyediakan wedang uwuh dalam bentuk kemasan siap seduh. Bahkan beberapa supermarket juga sudah ada yang menjualnya loh.

Itu dia sekilas cerita tentang wedang uwuh. Eh tapi selain wedang uwuh , banyak juga lho minuman tradisional lain yang bermanfaat untuk kesehatan badanmu. Yuk kita intip artikel berikut :


(like dan komen sangat diperbolehkan :)

Sampai jumpa di informasi terkini selanjutnya...!! 

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus