Senin, 18 April 2016

Museum Fatahillah, Rekam Jejak Kota Batavia


sumber foto : dokumen pribadi


Museum Fatahillah bukan sebuah tempat yang asing lagi bagi warga Jakarta, bahkan mungkin seluruh Indonesia. Museum ini bisa menjadi salah satu tujuan menarik untuk wisata pendidikan, sejarah, dan budaya. Museum ini sepertinya juga menjadi tempat wajib untuk dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang sedang berada di Jakarta. 

Museum Fatahillah yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 1 berada di kompleks pusat kota lama Jakarta. Bangunan yang berdiri di sekitar wilayah ini pun masih dipertahankan sesuai gaya arsitektur aslinya. Untuk lebih merasakan suasana zaman Belanda, wisatawan juga bisa menyewa sepeda onthel dan berkeliling di sekitar kota tua. Sekilas tentang sejarahnya, Museum Fatahillah pada awalnya digunakan sebagai gedung Balaikota yang dibangun pada masa pemerintahan VOC di Batavia. Selain sebagai balaikota, gedung ini juga pernah digunakan sebagai Kantor Pengadilan, Kantor Catatan Sipil, dan Dewan Kota Praja. Pada bagian atas gedung Museum Fatahillah pun masih terdapat tulisan dalam bahasa Belanda "Gouverneur Kantoor".

Di dalam museum ini tersimpan banyak koleksi benda-benda zaman pemerintahan Belanda seperti perabotan ukiran mebel, peta, beberapa alat pertukangan dan pertanian tradisional dan buku-buku. Selain sebagai tempat koleksi benda-benda sejarah, di bagian bawah museum ini juga terdapat beberapa lorong yang konon merupakan tempat dimana dahulu orang-orang dipenjarakan. Betapa menderitanya orang-orang yang hidup di zaman penjajahan. 

Nah, lalu bagaimana akses menuju Museum Fatahillah ?
Museum Fatahillah sangat mudah dan murah dijangkau oleh berbagai transportasi umum. Museum berdekatan dengan shelter bus Trans Jakarta dan Stasiun Jakarta Kota. Tiket untuk masuk museum juga sangat terjangkau. Pengunjung dewasa dikenakan biaya retribusi Rp. 5000,00 sedangkan pelajar dan mahasiswa cukup Rp. 3000,00. Akan tetapi museum hanya buka sampai pukul 15.00. Sepertinya lebih seru ya kalau ada wisata museum malam seperti yang ada di Lawang Sewu Semarang,hehe. 

Betapa Batavia mempesona para pelancong !!



referensi :
www.museumindonesia.com
Booklet Wisata Kota Tua Jakarta



Lokasi: Pulogadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar