Rabu, 13 Januari 2016

Memancing Unik Anti Mainstream

Hai sob, kali ini aku masih ingin cerita tentang wisata nih. Tempatnya masih di sekitar Solo, tepatnya di Sragen, Jawa Tengah. Waduk Kedung Ombo namanya. Sebenarnya ini bukan pertama kali aku pergi ke waduk. Sebelumnya aku pernah juga mencoba menengok ke waduk Mrican Banjarnegara dan Waduk Sempor. Hal yang sering aku liat, waduk besar di Indonesia pasti punya sistem pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Hanya saja untuk masuk ke PLTA nggak semua orang boleh masuk lho karna harus ada izin khusus. Hmm tetapi kali ini bukan ingin cerita tentang PLTA ya ...

Berbicara tentang waduk, pasti banyak air dan banyak ikan di dalamnya. Yup bener banget. Persis apa yang aku lihat di waduk Kedungombo. Di kawasan waduk ini ada beberapa tempat penangkaran ikan atau kita biasa menyebutnya tambak. Hmm.. tapi banyak juga warga sekitar maupun warga luar yang memancing di sekitar kawasan waduk. Ada juga yang hanya sekedar menyalurkan hobi tetapi banyak juga diantara mereka yang memang sengaja mencari ikan untuk dijual di pasar kuliner kawasan waduk. Nah berbicara soal memancing, aku cukup heran pertama kali melihat salah satu cara orang memancing di sana. Biasanya kita melihat orang memancing menggunakan alat pancing yang ditinggal di daerah pinggir perairan atau ada juga yang menggunakan perahu kecil. Tetapi ada cara unik yang aku lihat di sana. Banyak orang yang memancing dengan cara mencelupkan sebagian badan mereka ke dalam air. Sepertinya kurang lebih sampai batas perut. Waw lucu juga ya. Walaupun mereka masuk sebagian ke dalam air tetapi para pemancing juga tetap menggunakan alat pancing yang biasa..hehe..Emang nggak takut kedinginan atau masuk angin ya Pak...:) 

Kemudian, karena aku penasaran akhirnya aku bertanya kepada saudaraku yang kebetuan memang punya hobi memancing (dulu saat masih muda). Nah ternyata teknik memancing seperti itu sudah sangat familiar di daerah sana..haha..katanya si lebih mantep gitu. Tetapi harus tetap hati-hati apalagi kalau air waduk sedang tinggi. Nah buat yang penasaran, ini dia gambaran sekilas kawasan perairan di waduk kedung ombo. Sayangnya foto para pemancing nggak kelihatan :P



dokumen pribadi


Sekian cerita unik sore ini..Sampai jumpa :)

0 komentar:

Posting Komentar