Minggu, 26 Januari 2020

Pengalaman Kursus Business English di Jakarta

Hasil gambar untuk business english animation 

Hallo gaes, welcome back to my homepage !
Ini adalah postingan ke-2 di tahun 2020 (penting banget yak :D). Enaknya kita bahas apa ya ? Minggu kemarin kan udah sesi "book review" ya. Gimana kalo kita bahas yang lain ?

Oke langsung aja, kali ini aku mau sharing sedikit barangkali ada teman-teman yang mau berencana ambil kursus bahasa inggris terutama "Business English". Hmm sebenernya apa sih bedanya "Business English" dengan yang lain ? 

Oke dilihat dari namanya ya, tujuan mengikuti kelas ini memang lebih spesifik terutama untuk orang-orang yang perlu belajar mendalam tentang penggunaan bahasa inggris dalam konteks berhubungan dengan pekerjaan atau profesi. Business English nggak cuma diperuntukkan buat businessman atau business woman lho ya hehe.

Terus kalo mau ambil kursus kelas "Business English" di Jakarta bisa dimana aja ya ? Oke, sebenernya banyak banget tempat kursus bahasa Inggris yang menawarkan kelas Business English. Tapi berhubung banyak pertimbangan seperti waktu, biaya, jarak, dan pastinya kualitas, maka aku memutuskan untuk coba ikut kelas Business English di LBI FIB UI aka di Fakultas Ilmu Bahasa Universitas Indonesia. Oiya LBI ini juga punya 2 tempat ya, yaitu di Depok dan di Salemba. Tapi berhubung FBI UI yang di Salemba lebih dekat jadi aku ambil kelas yang di Salemba. Lalu gimana prosesnya ?

Nah sebelum kita join kelas Business English di LBI UI, kita harus ikut yang namanya placement test dulu ya gaes. Jadi placement test nanti buat memastikan apakah kita sudah siap dan layak untuk ikut kelas ini. Karena Business English ini sifatnya lebih applicable, jadi kalau teman-teman masih belum yakin saya sarankan untuk belajar lebih dalam dulu tentang basic english atau basic grammarnya. Soalnya ketika sudah masuk kelas BE, pembahasan mengenai grammar dan teori-teori akan lebih sedikit karena sebagian besar lebih mengajarkan penerapannya untuk konteks business atau pekerjaan.

Nah kelas Business English ini juga ada beberapa level. Dari hasil placement test nanti teman-teman  akan diberi tahu apakah bisa mulai untuk ikut kelas BE. Untuk pemula biasanya masuk ke level BE 1. Setelah hasil placement test keluar, barulah kita bisa daftar ulang dan memulai kelas bahasa inggrisnya. 

Oiya di kelas BE ini memang sebagian besar pesertanya adalah karyawan/ pegawai. Tiap kelas kurang lebih ada sekitar 15 orang. Jadi ya masih cukup kondusif untuk belajar. Lalu apa aja yang dipelajari ? Masing-masing peserta nantinya akan mendapatkan modul kursus yang berisi materi apa aja yang akan dipelajari dalam 1 tingkat. Tiap minggu akan ada tema dan pembahasannya tersendiri, sebagai contoh bagaimana melakukan korespondensi dalam business, menerima atau melayani customer, menghubungi pihak lain untuk merencanakan business trip, melakukan diskusi, dan masih banyak hal lainnya. Semua aspek baik itu listening, speaking, writing, dan reading juga diajarkan di kelas ini. Meskipun begitu, untuk BE level 1, pengajar masih memberikan materi tentang grammar untuk re-calling memory dan juga menjelaskan aplikasi grammar dalam konteks bisnis. Hmm memang kalo soal grammar kadang suka lupa ya hehe. 

Oh ya untuk waktu kursus adalah 52 jam di tiap levelnya. Biasanya ada 2 pilihan yaitu 2 pertemuan dalam 1 pekan, atau 1 kali pertemuan dalam 1 pekan. Untuk jadwal 2 kali dalam 1 pekan, satu kali pertemuan durasinya adalah 2 jam, tapi kalau teman-teman memilih 1 kali pertemuan tiap pekan nanti tiap pertemuan adalah 4 jam hehe. Jadi kelas bisa dipilih sesuai kondisi teman-teman dan sesuai kelas yang tersedia ya. 

Overall aku senang bisa belajar BE di LBI UI dan mengenal teman-teman dan pengajar yang asik. Oiya dan yang perlu ditekankan bahwa belajar bahasa itu memang ngga cukup hanya di tempat kursus saja ya. Kita perlu eksplorasi tempat belajar kita, apalagi sekarang kan banyak banget tuh media-media dari internet yang bisa jadi sarana buat belajar bahasa, iya kan ?

Nah mungkin itu dulu ceritaku. Buat teman-teman yang ingin memperdalam penerapan bahasa inggris untuk konteks bisnis, nggak rugi kok ikut kelas BE. Tapi kalau ngga kursus juga gak dosa hehe, belajar bisa dimana aja kan ? Semangat belajar !

0 komentar:

Posting Komentar