Pages - Menu

Minggu, 05 Juli 2020

Kursus Online Sambil Rebahan di Tengah Pandemi

Hai gaes apa kabarnya nih ?😸
Masih sehat-sehat aja kan ? Meskipun situasi di luar masih waspada karena COVID19, tapi jangan sampai waktu hilang begitu saja karena tidak beraktivitas di luar ya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan waktu adalah dengan mengikuti kursus online. Apalagi di era sekarang, kursus online pun dapat dilakukan dengan rebahan di rumah. Daripada keluar rumah untuk kegiatan yang kurang urgent dan justru beresiko, ya kan ?😷


Sumber gambar : pexels.com

Kali ini aku akan sharing sedikit beberapa aplikasi atau platform untuk mengikuti kursus secara online. Nggak tanggung-tanggung ya gaes, para penyedia kursus yang ada di aplikasi ini banyak lho yang dari universitas top dunia seperti Stanford University, John Hopkins University, Harvard University, Wageningen University & Research dan penyedia lain yang tak diragukan lagi kredibilitasnya. Ini dia 3 (tiga) aplikasi yang recommended untuk dicoba.

1. edX



Tampilan Aplikasi edX

edX merupakan aplikasi untuk online course yang dikembangkan oleh salah satu universitas top di USA. Sebelumnya, aku pernah mencoba aplikasi online course pada beberapa tahun lalu karena ada materi yang cukup menarik yaitu tentang Food, Nutrition, and Disease yang diberikan oleh Wageningen University & Research, Netherlands. Gimana ngga semangat coba, di dalam course kita serasa sedang bertatap muka dengan pengajar/profesor di WUR yang memberikan pembelajaran dalam bentuk video. Beberapa materi yang disampaikan juga dapat diunduh ke device yang kita gunakan. WUR ini juga merupakan universitas dengan peringkat No. 1 di bidang Food dan Agricultures, lho. Jadi semakin ngga mau ketinggalan kan ?

Cara mendaftar kursus di edX cukup mudah yaitu dengan mendaftarkan akun terlebih dahulu di website edX atau melalui aplikasi android edX yang dapat diunduh di playstore. Setelah akun terverifikasi, kita dapat melihat beberapa kategori bidang keilmuan kursus yang tersedia. Pada beberapa kursus yang pernah aku coba, keikutsertaannya tidak berbayar alias free. Tapi kalau kita menginginkan sertifikat maka perlu ada biaya yang dibayarkan dan ada bagian kursus tertentu yang hanya bisa diakses jika kita membayar kursus. But, overall cukup membantu sekali untuk meng-upgrade pengetahuan kita.


Tampilan Aplikasi COURSERA

Aplikasi online course ke-2 yang aku coba adalah COURSERA. COURSERA dapat diakses baik melalui website (versi PC) maupun aplikasi COURSERA (versi android) yang dapat diunduh di playstore. Sebenarnya hampir mirip dengan edX, namun sekilas tipe kursus yang ditawarkan di COURSERA lebih beragam dan sistematis tampilannya. Nanti teman-teman boleh mencobanya sendiri ya. Pada deskripsi course di aplikasi ini tercantum silabus pembelajaran, progress yang telah kita lakukan di tiap minggu, dan tugas atau kuis yang harus kita kerjakan. Penyedia kursus di COURSERA juga tak kalah kredibel dengan penyedia kursus di aplikasi edX. Beberapa penyedia materi diantaranya John Hopkins University, Imperial College London, Yale University dan masih banyak lainnya. Bahkan ada juga kursus bahasa asing seperti bahasa mandarin dan bahasa inggris yang tersedia lho. Oh iya untuk aplikasi belajar bahasa sudah pernah aku tulis di artikel sebelumnya ya (klik untuk baca lebih lanjut).

Apa bedanya COURSERA dan edX ? Salah satu keunggulan dari COURSERA adalah aplikasi ini menyediakan menu untuk permintaan scholarship pada beberapa kursus yang harus berbayar (terutama jika menginginkan sertifikat resmi). Apabila pengajuan scholarship sudah diverifikasi dan dinyatakan diterima oleh COURSERA, maka peserta bisa mengakses materi yang awalnya berbayar menjadi  free lho ! Menarik kan ? 

Nah untuk aplikasi yang ke-3 ini berasal dari Indonesia. Namun, berhubung aku belum pernah mengikuti kursus di sini jadi belum bisa memberi review ya. Pada beranda utama website ini ditampilkan beberapa kursus yang juga tak kalah menarik, misalnya dari BNPB, Rumah Perubahan, dan beberapa universitas atau lembaga lain di Indonesia tercinta.

Nah gimana temans  ? Menarik kan ? Yuk kita manfaatkan waktu untuk terus belajar dengan memanfaatkan teknologi yang ada. BE A LONG LIFE LEARNER !🙂 📕

4 komentar:

  1. keren banget ya, zaman sekarang makin banyak kursus online, dan banyak yang ikutan.
    Teman-teman saya juga banyak yang ikutan, katanya daripada mager nggak jelas :D

    BalasHapus
  2. Iya mba lumayan banget udah banyak kesempatan kursus online, apalagi banyak yang ga berbayar 😀

    BalasHapus
  3. Wah, sangat bermanfaat banget mb sharing platform untuk belajarnya. Dari ketiga point tersebut, saya hanya pernah dengar coursera. Ohya, kalau boleh sharing, ada juga mb Future Learn, ini mirip coursera juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya mba ada future learn juga ya.. wah boleh2 bisa nambah opsi ya mba.. makasih sharing nya :)

      Hapus