Sabtu, 22 Agustus 2020

Aplikasi Canva dan Piktochart, Desain Praktis dan Tetap Artistik

Hai guys !

Kita bertemu lagi pekan ini lewat page ini ya. Gimana nih libur panjangnya ? Semoga tetap menyenangkan ya walaupun harus di rumah aja. 😁

Nah, kebetulan banget kemarin aku baru ikut kelas tempo mengenai pembuatan infografis. Pelatihan yang diberikan oleh Tempo Institute ini dilakukan secara daring. Beruntung banget bisa ikut kelas semacam ini, apalagi pas ada promo kemerdekaan dari Tempo. Terima kasih Tempo Institute !

Nah kali ini aku share sedikit tentang hasil pelatihan kemarin ya.

Canva-piktochart

Oiya sebelumnya, teman-teman pasti sudah familiar kan dengan infografis ? Pada era sekarang dimana media sosial berkembang pesat, baik instagram, twitter, blog, infografis mudah sekali kita temukan dimana-mana. Bahkan, mungkin ada dari teman-teman yang sering diberi tugas membuat infografis dari ibu guru/ dosen / atasan ? hehe. Melalui infografis, informasi akan lebih mudah diterima, lebih menarik, dan lebih sederhana untuk dimengerti. Kecenderungan orang akan lebih cepat dan lebih mudah menerima informasi berupa gambar dibandingkan tulisan yang disusun dengan ribuan kata, hehe. Betul tidak ? Informasi yang tersedia dalam bentuk gambar/ grafis juga lebih mudah untuk dibagikan melalui berbagai media, baik media cetak, elektronik, atau media sosial.

Nah kira-kira aplikasi praktis apa saja yang bisa digunakan untuk membuat infografis ? Kali ini aku akan share hanya 2 aplikasi dulu ya. Check it out !

1. Canva


Canva merupakan aplikasi desain grafis berbasis website. Canva ini sangat membantu untuk membuat desain grafis (termasuk infografis), apalagi untuk orang-orang yang belum mahir menggunakan aplikasi desain grafis yang lebih rumit seperti Corel, Photoshop, dan lain-lain. Mengapa lebih mudah digunakan ? Canva menawarkan banyak pilihan jenis desain yang akan digunakan, mulai dari background, template, picture, icon vector, dan lain-lain. Bahkan kita juga bisa meng-import gambar dari luar untuk dimasukkan ke desain yang kita buat di Canva. Oiya untuk mencari icon vector yang menarik, kita bisa download di freepik atau flaticon ya, ada beberapa yang free dan berbayar. Hmm menarik kan ? Aplikasi Canva memang bukan aplikasi untuk membuat desain dari nol, namun seninya adalah menggabungkan berbagai macam item/ menu, kombinasi warna yang telah tersedia di Canva dan disesuaikan dengan kebutuhan atau tujuan kita. Canva juga bisa diakses melalui mobile app yang dapat diunduh di playstore. Namun setelah saya coba, untuk desain grafis memang lebih leluasa kalau kita membukanya melalui website di laptop. 

Nah daripada penasaran, langsung coba aja di sini.

 

2. Piktochart

Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan Canva karena merupakan aplikasi desain grafis berbasis website. Sekilas beberapa menu yang ada di Piktochart juga mirip dengan Canva. Kita bisa membuat desain menggunakan template, icon vector, gambar, dan menu lainnya yang tersedia. Oiya, di piktochart ini juga tersedia tools untuk membuat grafik proses, timeline, dan list comparation (untuk perbandingan) sehingga cukup memudahkan jika akan membuat infografis yang memerlukan grafik/ diagram di dalamnya. Sebenarnya aku belum terlalu familiar dengan piktochart, namun dari websitenya cukup menarik dan tidak salahnya akan aku coba nanti. So, Let's try !😁

Nah itu tadi 2 aplikasi desain grafis yang praktis untuk dicoba. Oiya kalau teman-teman punya tips menggunakan 2 aplikasi tersebut atau ada saran aplikasi praktis lainnya, boleh kasih info di kolom komentar ya. 

Terimakasih. :)

Sampai jumpa !😀


5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wah, baru dengar tentang Piktochart. Terima kasih atas sharing-nya, ya😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 kak...iya saya juga baru tahu..bermanfaat banget kalo mau buat desain yg ada gambar dan tabelnya karena sudah ada template

      Hapus
  3. Aku baru pakai Canva nih buat desain postingan di IG dan blog..seru ya ternyata..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba lama kelamaan seru tnyata.. aplikasinya sangat user friendly

      Hapus